Islam Untuk Perempuan





Assalamualaikum shalihat,
lagi suka baca postingan dari instagram ustadz felixsiauw, ummualila, dan hijab alila yang membahas tentang wanita dalam islam dengan hashtag Islam Memuliakanmu. Di sini di postig video video pendek yang menceritakan tentang muslimah yang sedang mengikuti trend masa kini atau bahasa gaulnya trend kekinian. 
disini alila mencoba mengajarkan bahwa wanita itu amat dijaga, dilindungi dan dimuliakan dalam islam bukannya mengekang. Hukum dalm islam tentang wanita sebenarnya amatlah gampang dan gak ribet, mengacu pada budaya barat yang kita lihat bahwa wanita sudah tidak malu lagi memamerkan auratnya dan bersolek ria hanya untuk dilihat olh mata manusia, wah.....rugi banget kan. 

Rasulullah SAW bersabda :
"Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita solehah" (HR.Muslim)

Nah jika kita melihat perhiasan itu indah, maka demikian dengan wanita solehah, indah dan berharga. Maka dari itu Islam sangat amat menjaga wanita agar tidak dilecehkan dan dihina. Namun sekarang banyak muslimah itu sendiri merasa dirinya terkekang denga peraturan-peraturan islam. Mereka terus ingin menyuarakan persamaan gender antara laki-laki dan perempuan, kebebasan dan hak asasi manusia. Astaughfirullah dear, bukan seperti itu, Sekarang para wanita sudah terbawa era kapitalisme dan sosialisme dimana di zaman ini perempuan berlomba-lomba untuk memperoleh karir terbaik bahkan lebih baik dari pada laki-laki. Dan dengan itu maka perempuan akan di pandang hebat dan berkelas. Taukah dear, bahwa profesi terbaik untuk perempuan adalah dengan menjadi ibu rumah tangga, menjadi tempat belajar pertama bagi anak-anak generasi penerus umat dan profesi tersebut amatlah sangat mulia dimana perempuan memperoleh pahalanya saat ia berbakti dengan mengurus suami, berjuang melahirkan dan membesarkan anak-anaknya, serta mendidik anak-anaknya hingga dewasa.

Allah SWT berfirman: " “..dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya.” (QS: Al Ahzaab : 33).

Diperbolehkan perempuan bekerja, namun dengan memperhatikan batasan-batasannya, antara lain:

• Tidak keluar sendirian apalagi suka pulang larut malam
• Kalaupun keluar sendiri senantiasa pandai melihat kondisi yang tidak membahayakan dirinya
• Berpakaian rapi dan sopan (menutup aurat).
• Tidak memamerkan perhiasan yang bisa mengundang tindakan kriminal
• Tidak berlebihan dalam bersolek dan dalam memakai wangi-wangian
• Menundukkan pandangan terhadap lawan jenis
• Memperhatikan batasan pergaulan dengan lawan jenis dan menjaga prilaku
• Bertutur kata yang bijak/sopan guna menghindari fitnah dari lawan jenis
• Bersikap secara proporsional sehingga bisa menjauhkan dirinya dari tindakan yang kurang menyenangkan dari lawan jenis.
• Dan yang paling penting adalah berusaha menjaga kehormatan diri serta keluarganya.
serta terdapat syarat-syarat bagi perempuan yang bekerja dilur rumah, antara lain;
  • Ada izin dari wali (suami atau orangtua/keluarga),
  • Tidak memiliki keluarga atau tidak memiliki suami,
  • Pekerjaannya harus halal, (bukan pekerjaan yang syubhat apalagi haram),
  • Menjaga kehormatan diri baik saat berada di dalam rumah maupun ketika bekeja di luar rumah,
  • Tidak ada percampuran bebas antara lelaki dan wanita, tidak bertabarruj (bersolek berlebih-lebihan dan tidak menampakkan perhiasan),
  • Tidak memakai pakaian yang ketat atau melanggar aturan berpakaian bagi wanita dalam ajaran Islam, bekerja bukan karena kesenangan pribadi dan kepentingan keluarga tetap menjadi prioritas,
  • Jenis pekerjaannya tidak mengurangi apalagi melanggar kewajibannya dalam rumah tangga, seperti kewajiban terhadap suami, anak-anak dan urusan rumah tangganya. 
Semoga kedepannya kita bisa memahami bagaimana sebenarnya posisi kita dalam Islam ya dear, muslimah tetap boleh mengikuti alur perkembangan zamanya namun tetap memperhatikan batasan-batasan dan tidak lewat koridor-koridor yang Allah perintahkan karena ingat kita perempuan muslimah itu istimewa....
 Wallahu a'lam bish-shawabi 

Wassalamualaikum 

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Labels

Hijab (3) berhijab (3) health (3) hijabsyari (3) medical (3) traveling (3) Imunisasi (2) Pengabdian (2) bidan (2) corona (2) depresi (2) doctor (2) dokter (2) drama (2) film (2) islam (2) nurse (2) perawat (2) virus (2) wabah (2) Crash Campak (1) Friends (1) HijabAlila (1) Lampung (1) PIN (1) Perjalanan (1) Pesisir Barat (1) Sahabat (1) Syar'i (1) Way Haru (1) bakteri (1) beach (1) book (1) buku (1) caesar (1) common (1) dakwah (1) depression (1) desa (1) dramakorea (1) emotion (1) food (1) fun (1) hoby (1) hospital (1) info (1) ispa (1) jalanjalan (1) khimar (1) kimsabu (1) konflik (1) melodydalampuisi (1) menulis (1) midwife (1) minimalism (1) minimalist (1) muslim (1) muslimah (1) newbie (1) nikahsyari (1) nonton (1) nulisyuk (1) obstetric (1) operasi (1) pantaingambur (1) penyakit (1) perkenalan (1) persatuan (1) prosa (1) psychology (1) puisi (1) radical (1) radicalism (1) radicool (1) review (1) riview (1) romanticdoctor (1) tabaruj (1) trip (1) vaksin (1) walimatulurs (1) zuhud (1)

Translate

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Gmail

About Me

Assalamualaikum
Saya seorang bidan muslimah yang doyan ngeblog, jika ingin share atau diskusi sesuatu silakan comment dipostingan ya. 
Argyle Creme Template © by beKreaTief | Copyright © UMMISARIE